Kali ini saya target berbagi mengenai Tutorial Bikin Subtitle Anime, Sebelumnya sapa sih yang gak tau Anime? yap Animasi atas jepang ini adalah salah satu yang sedang banyak digemari saat ini, misalnya seperti Naruto, One Pice, Detective Konan dan sebagainya. Pernahkah anda berfikir untuk mencoba bikin subtitle sendiri? Jikas pernah, Marilah kita molek sama mencari ilmu bagaimana caranya Bikin Subtitle Anime.

Yang Akan aku lakukan adalah mengubah Subtitle Bahasa Inggris ke Indonesia, dan menggunakan Anime RAW. Maksud mulai Anime RAW adalah Anime yang masih berbahasa Jepang, alias belum di bikin subtitle. Untuk subtitle kita bisa mencekau yang mangap Inggris lalu Kita terjemahkan kedalam kode Indonesia.

Prosedur ini dapat menghabiskan tenggat cukup lambat, bisa menandaskan waktu 1-2 jam. akan tetapi tenang saja gan, segenap terbayar dengan kepuasan berkesinambungan kita.

Jalankan Aegisub, Fraksi “file” dan “Open Subtitle” yang telah di download tadi. Jangan kaget sungguh karena akan banyak sekali percakapan yang mau kalian Terjemahkan

Klik Video dan “Open Video”, Pilih Video Anime yang sungguh Didownload tadi

Klik Audio dan pilih “Open Audio from Video”

Semua sudah biasa siap, Langut pada bagian kaki gunung dan klik teks yang mau kita terjemahkan

Nah sekarang kalian tinggal menerjemahkannya kedalam Bahasa Indonesia, kalian bisa refleks menerjemahkanya jika kalian paham dalam mangap inggris, atau kalian pun bisa menerjemahkanya menggunakan Google Translate.

Jika semua sungguh diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, yang mesti kalian lakukan adalah Save, dengan cara Tekan “Ctrl + s”, atau siap pilih “File” > “Simpan subtitle”

Ingat, tanpa menyalah gunakan subtitle beserta cara merubah percakapan yang tidak sopan atau menggunakan kaidah kasar yang diluar atas Dialog tersebut. jadilah fansub sejati!

Nah, sekarang subtitle Indonesia Sudah Jadi, tinggal kita Gabungkan Antara Subtitle dengan Video dengan Software MEGUI & sekaligus Menyilih Anime RAW Menjadi Hardsub dengan subtitle yang sudah biasa kita terjemahkan tadi.

Buka MeGUI, & pilih “Tool” Kemudian Klik “File Indexer” atau dapat tekan “Ctrl + F2”. anime sub indo Akan tampil jendela pertama dan “Input file” kemudian cari Video Anime Tersebut, Klik “Queue”

“File Indexer” akan menyembulkan AUDIO Berektensi AAC, mampu lihat pada folder tempat kalian meletakan video Anime

Tunggu proses sampai siap, dan bakal muncul jendela baru juga.

Klik tab “Filters” & pada bagian subtitles pilihlah subtitle yang sudah kalian Terjemahkan barusan. Lalu Save

Kalian Akan dibawa ke menu utama kembali. tapi disitu sudah dengan otomatis Menyalurkan Tempat Video dan Subtitle yang jadi untuk digabungkan.

Klik “Auto Encode” akan muncul juga jendela baru.

Pada Lapangan “Container” seleksi “MKV”

pilih Size And Bitrate dulu centang “Average Bitrate”. Disini kita bakal mengatur raksasa ukuran mulai video ini. ubah menjadi 400 Kemudian klik “Queue” dan tunggu proses terlintas selesai

eittt,,, Belum rampung, Memang Video dan subtitle sudah sebagai satu akan tetapi jika kamu buka video pasti tiada suaranya hihihihi

Untuk menggabungkan Audio dengan Video Menggunakan MKVToolnix

Terangkan MKVToolnix serta pilih tab “Input”

Kelompok “+ Add Resource File” Nah Pilih AUDIO Berekstensi AAC

Faksi “+Add Resource File” Pilih Video Yang sudah Di Muxed Secara Subtitle tadinya

Klik “Star Muxing” proses akan sangat Cepat sekali

Dan Luput, Kalian sudah biasa Berhasil menghasilkan Subtitle Nusantara

Gampang kan, Cuma amat dibutuhkan Kesabaran yang lebih. Jika kalian mau Bikin Subtitle Film selain Anime, Caranya kolektif saja menyerupai di buat. jadi tinggal kalian pilih sesuka Hati.